Selamat Datang di web blog Resmi MI YAPPI Ringintumpang, Semoyo, Patuk, Gunungkidul. Web blog ini dibuat untuk mengoptimalkan layanan informasi dan komunikasi, baik untuk keperluan internal Civitas MI YAPPI Ringintumpang, maupun masyarakat luas lainnya. Harapan kami, melalui web blog ini dapat kita informasikan keberadaan MI YAPI Ringintumpang yang telah memasuki era globalisasi.

Pengunjung

Senin, 03 Oktober 2011

Sejarah Berdirinya MI YAPPI Ringintumpang

Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Ringintumpang berdiri pada tahun  1969, sebelumnya merupakan madrasah diniyah dari tahun 1967. Mempunyai 30 santri dengan dibina oleh 4 guru PNS angkatan Depag.Santri masuk pada malam hari dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.Atas kesepakatan masyarakat dan guru, madrasah diniyah diubah menjadi madrasah ibtidaiyah di bawah naungan yayasan pendidikan dan penyiaran Islam Nahdatul Ulama’.
Awal mula berdirinya Madrasah Ibtidaiyah YAPPIRingintumpang semula dipimpin oleh seorang kepala sekolah/madrasah yang bernama bapak Samsudin yang merupakan salah satu tokoh pendiri sekolah ini. Dalam kiprahnya sebagai kepala sekolah yang baru memimpin, beliau berjuang sangat keras untuk mengajak para orang tua menyekolahkan anak-anaknya agar tidak buta huruf.Berawal dari perjuangan bapak Samsudin itulah sekolah ini terus berkembang sampai sekarang. Dan jabatan kepala madrasah mengalami pergantian 4 kali. Sedangkan dalam perkembangannya, setelah pergantian kepala sekolah yang baru mengalami banyak kemajuan, diantaranya jumlah siswa yang meningkat, yang sekarang berjumlah 56 siswa yang mana sebelumnya cuma berkisar di bawah 40 siswa.
Tujuan didirikannya Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Ringintumpang adalah supaya masyarakat dusun Ringintumpang mempunyai sekolah formal yang bernafaskan Islam.Karena masyarakat Ringintumpang adalah masyarakat yang agamis.Madrasah Ibtidaiyah ini didirikan dengan swadaya masyarakat atas nama yayasan pendidikan dan penyiaran Islam Nahdatul Ulama’.Tahun pertama menerima siswa 15orang anak.Madrasah Ibtidaiyah Ringintumpang mengajarkan pendidikan umum maupun pendidikan agama dengan perbandingan 70% pendidikan umum dan 30% pendidikan agama.Letak yang strategis yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Ringintumpang ini merupakan nilai tambah tersendiri bagi keberadaan dan kelangsungan sekolah/madrasah,letaknya yang berdekatan dengan masjid dan TK serta letaknya yang berada ditengah-tengah dusun Ringintumpangyang merupakan sebuah dusun yang 99% penduduknya beragama Islam menyebabkan Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Ringintumpang semakin berkembang.
Oleh karena itu masyarakat sekitar merasa bangga dan percaya untuk memilih Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Ringintumpang sebagai tempat pendidikan dasar bagi anak cucunya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

luar biasanya. Madrasah mandiri berprestasi