Selamat Datang di web blog Resmi MI YAPPI Ringintumpang, Semoyo, Patuk, Gunungkidul. Web blog ini dibuat untuk mengoptimalkan layanan informasi dan komunikasi, baik untuk keperluan internal Civitas MI YAPPI Ringintumpang, maupun masyarakat luas lainnya. Harapan kami, melalui web blog ini dapat kita informasikan keberadaan MI YAPI Ringintumpang yang telah memasuki era globalisasi.

Pengunjung

Sabtu, 24 November 2012

ANALISIS SWOT MI YAPPI RINGINTUMPANG

ANALISIS SWOT
MI YAPPI RINGINTUMPANG
RINGINTUMPANG/BRAMBANG, SEMOYO, PATUK, GUNUNGKIDUL



Pengertian:
Mimpi sekolah ke depan  yang dapat dipenuhi (diadakan), bukan fantasi. Gambaran keberhasilan ideal bagaimana sekolah akan diarahkan untuk tahun-tahun mendatang. Mimpi keberhasilan tersebut didasarkan pada nilai-nilai yang diyakini. Mimpi keberhasilan mengarah langsung pada tujuan dasar dari sekolah tersebut, yang dilandasi oleh semangat, kesungguhan dan keikhlasan dari pelaksana pendidikan di sekolah ini.

 Profil Sekolah
Nama Sekolah                 : MI YAPPI RINGINTUMPANG
Status                               : Swasta
NSS                                   : 111234030023
Trakreditasi                     : B
Jumlah Siswa                   : 47 Siswa
Jumlah Guru                    : 10 Orang
Jumlah Ruang                  : 4 Ruang Kelas, 1 Ruang Kantor
Pedesaan/Perkotaan      : Pedesaan
Alamat                              : Ringintumpang/Bramabang, Semoyo, Patuk, Gk
Telepon                            : 085292520385
Email                                 : mi.ringintumpang@gmail.com           
Webblog                           : www.miyappiringintumpang.blogspot.com

Visi MI YAPPI Ringintumpang
“Terwujudnya madrasah terpercaya di masyarakat untuk mencerdaskan bangsa dalam rangka menciptakan peserta didik yang unggul dalam prestasi dan terampil dan berakhlak mulia.”

Misi MI YAPPI Ringintumpang
Terciptanya madrasah yang mampu berkompetensi dengan sekolah sederajat.
Terciptanya hubungan yang sinergis antara sekolah dengan masyarakat melalui wadah komite madrasah.
Terciptanya tentang edukatif yang bertanggung jawab dan kreatif, inovatif dan berakhlak mulia.
Terciptanya lingkungan madrasah yang bersih, indah dan rapi.
Terciptanya peserta didik yang berprestasi dan kepribadian muslim.
Terjadinya kerjasama dengan berbagai lembaga dalam rangka peningkatan mutu madrasah.

Pertanyaan
Bagaimana keadaan siswa baik secara internal (dalam diri siswa) maupun eksternal (lingkungan, orang tua, dan ekonomi keluarga)?
Pelayanan apa yang akan diberikan kepada siswa dan lingkungan sekitar sekolah?
Bagaimana pelayanan itu akan diberikan?


ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah salah satu teknik analisis untuk mengkaji sekolah secara keseluruhan. Untuk mengkaji suatu sekolah perlu dilakukan analisis dengan melihat faktor internal (yang muncul dari dalam sekolah) dan faktor eksternal (yang ada atau datang dari luar sekolah).

Faktor-faktor  Internal, yaitu:
Kekuatan (Strengths) dan
Kelemahan (Weaknesses)
Pertanyaan kunci untuk menganalisis faktor-faktor internal:
Bagaimana kinerja para guru dan kepala sekolah selama ini? (penjelasan keberhasilan baik kuantitas maupun kualitasnya) (deskripsi dan penilaian)
Sumber daya apa yang dimiliki dan dapat mendukung keberhasilan sekolah? (penjelasan kuantitas dan kualitas tentang tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dll) (deskripsi dan penilaian)
Sistem manajemen, kebijakan dan strategi apa yang dijalankan untuk mendayagunakan sumber daya yang ada? (deslripsi dan penilaian)
Apakah kekuatan-kekuatan yang dimiliki sekolah?
Apakah kelemahan-kelemahan yang dimiliki sekolah?

Faktor-faktor Eksternal, yaitu:
Peluang (Opportunities) dan
Ancaman (Threats)
Pertanyaan kunci untuk menganalisis faktor-faktor eksternal:
Apa kecenderungan umum mengenai situasi dan kondisi ekonomi, politik, budaya, lingkungan yang menjadi masalah dasar?
Apa akar penyebabnya?
Siapakah pelaku-pelaku yang turut mempengaruhi masalah tersebut?
Apakah ancaman-ancaman (dampak negatif) yang ditimbulkan waktu lalu, sekarang dan masa mendatang?
Apakah peluang-peluang (dampak positif) yang ditimbulkan pada waktu lalu, sekarang dan masa mendatang?

Hasil Analisis SWOT:
Strengths (Kekuatan):
Sumber daya tenaga pendidik dengan kompetensi yang cukup memadai
Fasilitas kantor yang cukup baik
Weaknesses (Kelemahan)
Gedung sekolah yang sudah kurang layak
Kurangnya buku-buku referensi bagi tenaga pendidik
Tidak mempunyai ruang dan buku-buku perpustakaan yang cukup
Minimnya keuangan yang berasal dari BOS
Opportunities (Peluang)
Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak yang memudahkan guru dalam memberikan pelayanan terhadap siswa
Lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan
Sarana ibadah (Masjid) yang bersebelahan dengan sekolah
Threats (Ancaman)
Kurangnya dukungan dari wali murid terhadap pendidikan anaknya
Kurangnya dukungan dari wali murid terhadap program-program sekolah
Kurangnya kepercayaan wali murid terhadap sekolah, sehingga ada yang sekolah di tempat lain yang dianggap kualitas dan fasilitasnya lebih baik.

Penyusunan Strategi
Gambaran tahapan/langkah di titik mana kita sekarang dan darimana tindakan harus dimulai untuk mencapai perkembangan di masa mendatang. Berisi rumusan tujuan spesifik, hasil yang akan dicapai dan program yang dilakukan untuk mencapai tujuan.
Pertanyaan Diskusi:
Apakah tujuan-tujuan spesifik yang harus ditetapkan untuk mengantarkan tercapainya tujuan strategis (goal)?
Apakah hasil konkrit yang diharapkan untuk masing-masing tujuan tersebut yang menggambarkan terciptanya kondisi baru?
Apakah bentuk kegiatan (program) yang harus dilakukan?

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Hasil Analisis SWOT
Setelah hasil analisis SWOT dilakukan yang menghasilkan faktor-faktor internal (Kekuatan/Strengths dan Kelemahan/ Weaknesses) dan eksternal (Peluang/Opportunities dan Ancaman/Threats), maka hasil tersebut digunakan untuk menentukan strategi-strategi, yaitu:
Strategi SO dengan mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkan kekuatan (S) untuk mengambil manfaat dari peluang (O) yang ada.
Adanya sumber daya tenaga pendidik dengan kompetensi yang cukup memadai, akan dapat memberikan pelayanan yang optimal terhadap siswa yang berjumlah tidak terlalu banyak
Lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan, dapat membuat proses belajar mengajar tidak terganggu oleh suara-suara yang dapat mempengaruhi konsentrasi guru dan siswa pada saat pelajaran
Sarana ibadah (Masjid) yang bersebelahan dengan sekolah dapat memberikan kesempatan kepada Guru Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kompetensi siswa di bidang keagamaan
Strategi WO yaitu mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkan peluang (O) untuk mengatasi kelemahan (W) yang ada.
Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak tidak banyak mempengaruhi pengembangan ilmu pengetahuan siswa, meskipun buku-buku referensi bagi tenaga pendidik dan tidak adanya ruang beserta buku-buku perpustakaan sangat kurang, karena jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, memudahkan guru dalam memberikan pelayanan terhadap siswa
Adanya lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan dan adanya sarana ibadah (Masjid) yang bersebelahan dengan sekolah tidak banyak mempengaruhi proses pembelajaran dan pengembangan kompetensi siswa meskipun gedung sekolah yang sudah kurang layak dan minimnya keuangan yang berasal dari BOS
Strategi ST yaitu dengan mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkana kekuatan (S) untuk menghindari ancaman (T).
Adanya sumber daya tenaga pendidik dengan kompetensi yang cukup memadai dan fasilitas kantor yang cukup baik dapat didayagunakan secara optimal untuk menningkatkan :
Dukungan dari wali murid terhadap pendidikan anaknya
Dukungan dari wali murid terhadap program-program sekolah
Kepercayaan wali murid terhadap sekolah, sehingga tidak ada lagi anak usia sekolah dasar yang sekolah di tempat lain yang dianggap kualitas dan fasilitasnya lebih baik.
Strategi WT yaitu dengan mengembangkan suatu strategi dalam mengurangi kelemahan (W) dan menghindari ancaman (T).
Pembenahan gedung sekolah melalui bantuan pemerintah
Melengkapi buku-buku referensi bagi tenaga pendidik melalui foto copy dan pembelian secara bertahap melalui dana BOS.
Pengadaaan ruang perpustakaan dengan memanfaatkan perumahan guru, dan pengadaan buku-buku perpustakaan melalui usulan bantuan dari pemerintah dan masyarakat
Pembenahan sistem manajemen keuangan yang disesuaikan dengan adanya dana BOS yang sangat minim.
Meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari wali murid terhadap pendidikan anaknya dan program-program sekolah melalui silaturahmi dan sosialisasi

Catatan: Rencana kerja untuk menetapkan tujuan seharusnya SMART:
Specific (Spesifik)
Measurable (Dapat diukur)
Achievable (Dapat dicapai)
Realistic (Dapat dimengerti)
Time Bond (Jelas batas waktunya)

Hasil yang Diharapkan
Dari rencana tindakan di atas diharapkan mencapai hasil seperti di bawah ini:
Peningkatan kualitas pendidikan di MI YAPPI Ringintumpang
Peningkatan kompetensi siswa dan lulusan dari MI YAPPI Ringintumpang
Mengembalikan kepercayaan dan dukungan dari wali murid terhadap pendidikan dan program-program sekolah MI YAPPI Ringintumpang
Peningkatan sarana dan prasarana sekolah yang lebih baik.

Mengetahui,
Kepala Madrasah




ANIFAH, S.Pd.I
NIP. 19670107 199103 2 002
Ringintumpang, 3 November 2012





MA’RUF IRMANSAH, S.Pd.I

0 komentar: