Selamat Datang di web blog Resmi MI YAPPI Ringintumpang, Semoyo, Patuk, Gunungkidul. Web blog ini dibuat untuk mengoptimalkan layanan informasi dan komunikasi, baik untuk keperluan internal Civitas MI YAPPI Ringintumpang, maupun masyarakat luas lainnya. Harapan kami, melalui web blog ini dapat kita informasikan keberadaan MI YAPI Ringintumpang yang telah memasuki era globalisasi.

Pengunjung

Senin, 26 November 2012

Peringatan Hari Guru Nasional Th. 2012 "Menjadi Guru Yang Berkah"

Di Indonesia hari guru diperingati bersamaan dengan hari Persatuan Guru Republik Indonesia setiap tanggal 25 November. Peringatan hari guru biasanya diisi dengan upacara dan pemberian penghargaan pada guru berprestasi, kepala sekolah maupun pengawas sekolah.


Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa profesinya sangat dihargai oleh masyarakat terlebih masyarakat di pedesaan. Mengapa ya dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Seorang guru adalah seorang yang memberikan ilmu kepada muridnya baik dalam lingkungan formal seperti sekolah maupun lingkungan nonformal seperti pemberian ilmu dalam situasi tidak memiliki bangunan fisik yang nyata. Peran guru sangat strategis dalam meningkatkan pengetahuan siswa, masyarakat atau siapa saja yang tertarik dengan suatu bidang keilmuan. Guru mempunyai peran penting dalam memberikan nilai-nilai norma dan aturan hidup dalam menjalankan fungsi manusia sebagai penguasa alam.

Setiap diri adalah seorang guru. Sebagai seorang yang bisa memberikan ilmu pada orang lain, bisa menjadi contoh yang baik untuk orang lain baik untuk istri, suami, anak, keluarga maupun lingkungan sekitar. Upacara yang dilakukan untuk memperingati hari guru apakah hanya para guru yang tergabung dengan PGRI atau semua guru baik yang terdaftar di PGRI atau tidak terdaftar. Seperti guru-guru agama, guru-guru madrasah, guru-guru yang hanya memiliki label guru dari masyarakat tetapi bukan guru formal yang dilindungi oleh undang-undang tentang guru yang mendapatkan pendapatan minimal dan mendapatkan jaminan hari tua.

Apakah ada perhatian pemerintah pada guru madrasah dan agama yang selama mengajar tidak mendapatkan gaji? Atau guru PAUD yang gajinya hanya dua ratus ribu rupiah dengan jam kerja dari jam 8 pagi sampai jam 12 hari Senin sampai Sabtu. Padahal mereka harus mengeluarkan uang untuk ongkos, membeli peralatan belajar dan perlengkapan kelas. Adakah pemerintah menganggarkan dana untuk peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat, baik untuk para guru maupun fasilitas pendukung.

Terus semangat wahai para guru untuk terus memberikan ilmu, mendidik dan membentuk anak yang memiliki kepribadian kuat, sholeh dan mengenal siapa diri, keluarga dan agamanya. Pahala yang mengalir akan selalu tercurah untuk para guru melalui ilmunya yang bermanfaat untuk umat walau secara fisik tidak mendapatkan imbalan seimbang dari waktu yang tercurahkan untuk mencetak generasi baru yang penuh harapan. Guru yang memiliki kepribadian baik akan memberikan pengaruh yang baik juga untuk para siswanya. Guru yang ikhlas dalam mentransfer ilmu yang bermanfaat akan membentuk mental yang baik bagi para muridnya. Guru yang berorientasi pada pengembangan nilai pengetahuan siswa dan peningkatan kualitas pribadi siswa aka melahirkan para calon ilmuwan yang akan memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan masyarakat dan peradaban yang baik. Bukan sebaliknya pintar tapi keblinger, pintar tapi sombong.

Lihatlah para koruptor itu adalag orang yang pintar, tapi kepintarannya ia gunakan untuk menipu dan memanipulasi demi kepentingan materi dan memperkaya diri. Mereka mengetahui tapi pura-pura tidak tahu. Dengan semakin tinggi ilmu yang dimiliknya semakin tinggi hati dan bukannya semakin rendah hati.

Semoga para guru di Indonesia takut sama Sang Pemilik Ilmu agar ilmu yang dimiliknya lebih berkah untuk dirinya, muridnya dan lingkungan sekitar.




1 komentar:

Mobile App Developers mengatakan...

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.