Sabtu, 03 Desember 2011
18 Indikator Pendidikan Karakter Bangsa
Dengan
seringnya tawuran antar pelajar dan menurunnya karakter berkebangsaan pada
generasi maka dicetuskan pendidikan karakter bangsa sebagai wujud pendidikan
karakter kebangsaan kepada peserta didik. Pendidikan karakter bangsa Indonesia.
Dalam pelaksanaannya pendidikan karakter bangsa indonesia tidak berdiri sendiri
tetapi berintegrasi dengan pelajan-pelajaran yang ada dengan memasukkan
nilai-nilai karakter dan budaya bangsa Indonesia.
Pendidikan
karakter bangsa bisa dilakukan dengan pembiasaan nilai moral luhur kepada
peserta didik dan membiasakan mereka dengan kebiasaan (habit) yang sesuai
dengan karakter kebangsaan. Berikut 18 Indikator Pendidikan Karakter
bangsa sebagai bahan untuk menerapkan pendidikan karakter bangsa:
1.
Religius; Sikap dan
perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan
pemeluk agama lain.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Merayakan
hari-hari besar keagamaan.
b.
Memiliki
fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah.
c.
Memberikan
kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
INDIKATOR KELAS
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran.
b.
Memberikan
kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
2.
Jujur; Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menyediakan
fasilitas tempat temuan barang hilang.
b.
Tranparansi
laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
c.
Menyediakan
kantin kejujuran.
d.
Menyediakan
kotak saran dan pengaduan.
e.
Larangan
membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
INDIKATOR KELAS
a.
Menyediakan
fasilitas tempat temuan barang hilang.
b.
Tempat
pengumuman barang temuan atau hilang.
c.
Tranparansi
laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
d.
Larangan
menyontek.
3.
Toleransi; Sikap
dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat,
sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menghargai
dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa
membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan
kemampuan khas.
b.
Memberikan
perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras,
golongan, status sosial, dan status ekonomi.
INDIKATOR KELAS
a.
Memberikan
pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama,
ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
b.
Memberikan
pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
c.
Bekerja
dalam kelompok yang berbeda.
4.
Disiplin; Tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Memiliki
catatan kehadiran.
b.
Memberikan
penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin.
c.
Memiliki
tata tertib sekolah.
d.
Membiasakan
warga sekolah untuk berdisiplin.
e.
Menegakkan
aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
f.
Menyediakan
peralatan praktik sesuai program studi keahlian (SMK).
INDIKATOR KELAS
a.
Membiasakan
hadir tepat waktu.
b.
Membiasakan
mematuhi aturan.
c.
Menggunakan
pakaian praktik sesuai dengan program studi keahliannya (SMK).
d.
Penyimpanan
dan pengeluaran alat dan bahan (sesuai program studi keahlian) (SMK).
5.
Kerja Keras; Perilaku yang
menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar,
tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menciptakan
suasana kompetisi yang sehat.
b.
Menciptakan
suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
c.
Memiliki
pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja.
INDIKATOR KELAS
a.
Menciptakan
suasana kompetisi yang sehat.
b.
Menciptakan
kondisi etos kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar.
c.
Mencipatakan
suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.
d.
Memiliki
pajangan tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar.
6.
Kreatif; Berpikir dan
melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menciptakan
situasi yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak kreatif.
INDIKATOR KELAS
a.
Menciptakan
situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif.
b.
Pemberian
tugas yang menantang munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun
modifikasi.
7.
Mandiri; Sikap dan
prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menciptakan
situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.
INDIKATOR KELAS
a.
Menciptakan
suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja
mandiri.
8.
Demokratis; Cara berpikir,
bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan
orang lain.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Melibatkan
warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan.
b.
Menciptakan
suasana sekolah yang menerima perbedaan.
c.
Pemilihan
kepengurusan OSIS secara terbuka.
INDIKATOR KELAS
a.
Mengambil
keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
b.
Pemilihan
kepengurusan kelas secara terbuka.
c.
Seluruh
produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
d.
Mengimplementasikan
model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
9.
Rasa Ingin Tahu;
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan
meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menyediakan
media komunikasi atau informasi (media cetak atau media
elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.
b.
Memfasilitasi
warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menciptakan
suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu.
b.
Eksplorasi
lingkungan secara terprogram.
c.
Tersedia
media komunikasi atau informasi (media cetak atau media
elektronik).
10. Semangat Kebangsaan; Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan
kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan
kelompoknya.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Melakukan
upacara rutin sekolah.
b.
Melakukan
upacara hari-hari besar nasional.
c.
Menyelenggarakan
peringatan hari kepahlawanan nasional.
d.
Memiliki
program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah.
e.
Mengikuti
lomba pada hari besar nasional.
INDIKATOR KELAS
a.
Bekerja
sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
b.
Mendiskusikan
hari-hari besar nasional.
11. Cinta Tanah Air; Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan,
kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan
fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menggunakan
produk buatan dalam negeri.
b.
Menyediakan
informasi (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan
budaya Indonesia.
c.
Menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
INDIKATOR KELAS
a.
Memajangkan:
foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta
Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia
b.
Menggunakan
produk buatan dalam negeri.
12. Menghargai Prestasi; Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan
sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati
keberhasilan orang lain.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Memberikan
penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
b.
Memajang
tanda-tanda penghargaan prestasi.
INDIKATOR KELAS
a.
Memberikan
penghargaan atas hasil karya peserta didik.
b.
Memajang
tanda-tanda penghargaan prestasi.
c.
Menciptakan
suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
13. Bersahabat/ Komuniktif; Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan
bekerja sama dengan orang lain.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Suasana
sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
b.
Berkomunikasi
dengan bahasa yang santun.
c.
Saling
menghargai dan menjaga kehormatan.
d.
Pergaulan
dengan cinta kasih dan rela berkorban.
INDIKATOR KELAS
a.
Pengaturan
kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
b.
Pembelajaran
yang dialogis.
c.
Guru
mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik.
d.
Dalam
berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.
14. Cinta Damai; Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa
senang dan aman atas kehadiran dirinya.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Menciptakan
suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
b.
Membiasakan
perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c.
Membiasakan
perilaku warga sekolah yang tidak bias gender.
d.
Perilaku
seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang.
INDIKATOR KELAS
a.
Menciptakan
suasana kelas yang damai.
b.
Membiasakan
perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c.
Pembelajaran
yang tidak bias gender.
d.
Kekerabatan
di kelas yang penuh kasih sayang.
15. Gemar Membaca; Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang
memberikan kebajikan bagi dirinya.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Program
wajib baca.
b.
Frekuensi
kunjungan perpustakaan.
c.
Menyediakan
fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca.
INDIKATOR KELAS
a.
Daftar
buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
b.
Frekuensi
kunjungan perpustakaan.
c.
Saling
tukar bacaan.
d.
Pembelajaran
yang memotivasi anak menggunakan referensi.
16. Peduli Lingkungan; Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki
kerusakan alam yang sudah terjadi.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Pembiasaan
memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
b.
Tersedia
tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
c.
Menyediakan
kamar mandi dan air bersih.
d.
Pembiasaan
hemat energi.
e.
Membuat
biopori di area sekolah.
f.
Membangun
saluran pembuangan air limbah dengan baik.
g.
Melakukan
pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
h.
Penugasan
pembuatan kompos dari sampah organik.
i.
Penanganan
limbah hasil praktik (SMK).
j.
Menyediakan
peralatan kebersihan.
k.
Membuat
tandon penyimpanan air.
l.
Memrogramkan
cinta bersih lingkungan.
INDIKATOR KELAS
a.
Memelihara
lingkungan kelas.
b.
Tersedia
tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
c.
Pembiasaan
hemat energi.
d.
Memasang
stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan
apabila selesai digunakan (SMK).
17. Peduli Sosial; Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang
lain dan masyarakat yang membutuhkan.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Memfasilitasi
kegiatan bersifat sosial.
b.
Melakukan
aksi sosial.
c.
Menyediakan
fasilitas untuk menyumbang.
INDIKATOR KELAS
a.
Berempati
kepada sesama teman kelas.
b.
Melakukan
aksi sosial.
c.
Membangun
kerukunan warga kelas.
18. Tanggung jawab; Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat,
lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
INDIKATOR SEKOLAH
a.
Membuat
laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
b.
Melakukan
tugas tanpa disuruh.
c.
Menunjukkan
prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
d.
Menghindarkan
kecurangan dalam pelaksanaan tugas.
INDIKATOR KELAS
a.
Pelaksanaan
tugas piket secara teratur.
b.
Peran
serta aktif dalam kegiatan sekolah.
c.
Mengajukan
usul pemecahan masalah.
Mau mengetahui
bagaimana penerapan pendidikan karakter bangsa ? berikut contoh
penerapan pendidikan karakter bangsa.
Label:
Artikel
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Thanks atas info'a....
Sama-sama... Semoga bermanfaat...
Posting Komentar
Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan Tinggalkan Komentar